NoFollow | Pengertian Tag (rel="nofollow") Attribute

HTML/CSS, SEO, NoFollow | Pengertian Tag (rel="nofollow") Attribute

Pengertian apa itu NoFollow tag? rel='nofollow' attribute atau Tag Nofollow adalah tag HTML yang memberitahukan mesin pencari (search engine) untuk memotong link selama pengindeksan

Pengertian Tag Nofollow attribute

Dengan kata lain, mesin pencari seperti Google, Yahoo! dan MSN merayapi (crawling) web secara berkala untuk mencari dan mengindeks halaman baru yang akan dimasukkan di dalam hasil pencarian kata kunci (keyword search result). Setiap link pada halaman web akan diikuti (follow) selama proses pengideksan. Halaman yang diikuti dengan link masuk yang banyak dan relevan akan diranking lebih tinggi di dalam pencarian dari pada halaman yang mempunyai link masuk yang sedikit. Jika anda ingin links yang ada di blog anda tidak di indeks oleh mesin pencari gunakanlah NoFollow tag. Penggunaan tag NoFollow menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir ini dikarenakan dari beberapa faktor seperti iklan teks link yang berbayar, spammers yang mencoba untuk meningkatkan jumlah links masuk ke situs mereka dengan melakukan spam pada komentar, dan sebagainya

Bagaimanakah rel='nofollow' atribut bekerja?

Ketika mesin pencari (search engine spider) datang ke sebuah halaman web, respond standar adalah untuk mengindeks halaman dan mengikuti semua links yang ada di halaman tetapi ketika search engine spider melihat links beratribut nofollow maka dia akan bekerja sebagai berikut:

  • Tidak akan mengikuti/follow link ke situs baru
  • Tidak memasukkan link teks di dalam nilai relevansi untuk kata kunci
  • Tidak menghitung link ke skor popularitasnya di peringkat mesin pencari

Dibawah ini adalah contoh penulisan html tag NoFollow

<a href='http://www.facebook.com' rel='nofollow'>Facebook</a>

Html tag nofollow diatas adalah sebuah perintah agar supaya search engine tidak mem-follow link ke Facebook dan otomatis search engine tidak akan mengindeks halaman Facebook tersebut

Search engine tidak akan menghukum (penalty) situs atau blog anda jika di halaman situs anda memiliki link nofollow, jangan berfikir bahwa memakai nofollow adalah buruk atau spam, penggunaan link nofollow mengindikasikan search engine bahwa link tersebut bukan milik anda atau bukan untuk di follow

Dimanakah seharusnya rel='nofollow' di tempatkan?

Sebagian besar search engine menyarankan kita untuk menempatkan tag nofollow pada link yang berasal dari sumber yang tidak dapat anda jamin/tidak anda ketahui seperti:

  • Komentar
  • Forums
  • User generated content

Anda juga bisa menaruh rel='nofollow' pada link yang mengarah ke iklan (atau sesuaikan dengan perjanjian periklanan anda)

Link Sculpting menggunakan tag NoFollow

Link Sculpting adalah salah satu teknik SEO dimana anda bisa memilih halaman yang anda prioritaskan agar mempunyai pagerank yang lebih tinggi dengan menaruh link dofollow dan menaruh rel='nofollow' pada link halaman yang tidak diprioritaskan (seperti: link login, link registrasi,dll)

 

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Blogger Custom Permalink

7 comments
about "NoFollow | Pengertian Tag (rel="nofollow") Attribute"
Add comments
8:29 PM × Balas
avatar
admin
8:53 AM × Balas
avatar
admin
8:39 AM × Balas
avatar
admin
9:42 PM × Balas
avatar
admin
and
8:37 AM × Balas
avatar
admin
3:14 AM × Balas
avatar
admin
Anonymous
4:17 AM × Balas
avatar
admin
New comments are not allowed.
Terima kasih sudah berkomentar